Kamis, 10 November 2011

Moivasi 6 : “Kata-kata Bijak”


"Penderitaan telah membuat manusia menjadi dewasa....."
(DietrichBonhoeffer)

"Mereka yang merasa dirinya menguasai kebenaran gemar meringkas seseorang ke dalam arti 'kafir', 'beriman', 'murtad', 'Islamis', 'fundamentalis', 'kontrarevolusioner', 'Orde Lama', 'ekstrem kiri' - dan dengan itu membekukan kemungkinan apa pun yang berbeda dari dalam diri manusia.
(Goenawan Mohamad, Catatan Pinggir)

"Kalau Tuhan mengukur manusia, meterannya dilingkarkan
Kepada hati, bukan kepala"
(Mary Kay Ash)

"Kemajuan adalah ibarat gelombang. Kalau kita diam saja, pasti kita akan tenggelam. Agar tak tersedot arus pusaran, kita harus terus bergerak".
(Harold Mayfield)

"God is not an American Idol"
(Max Lucado)

"Why can't we all get along?"
(Beliefnet)

"I have called this principle, by which each slight variation, if useful, is preserved,  by the term Natural Selection"
(Charles Darwin from "The Origin of Species")

"A God who let us prove his existence would be an idol"
(Dietrich)

Bonhoeffer "Alam semesta ini terlalu kecil bila hanya manusia di Bumi saja yang menempatinya."
(Jodie Foster, Contact)

"Aku bersujud kepadaMu seperti sujud seorang anak yang haus akan nuansa religius"
(Kahlil Gibran (1883 - 1931)

"The Truth is hurt, and many person can’t receive that"
(Anon)

"Satisfaction is the death of desire"
(Anon)

"God made Adam and Eve, not Adam and Steve."
(Philadelphia, antigay movement)

"Kenali dirimu, maka kau akan mengenal Tuhanmu"
(Nabi Muhammad SAW)

"God is the Greatest Truth, or the Greatest Lie?"
(Anon)

"Religio Omnium Scientiarum Anima"
[Agama adalah jiwa dari ilmu pengetahuan]
(Anon)

"Janganlah menyembah jikalau tidak mengetahui siapa yang disembah. Jika engkau tidak mengetahui siapa yang disembah, akhirnya cuma menyembah ketiadaan.
Sungguh suatu sembahan yang sia-sia.
(Syekh Siti Djenar)

"Semakin tinggi pengetahuanmu,
semakin engkau sangkal Tuhanmu itu"
(Anon)

"Tiada satu makhluk pun bisa hidup kekal abadi"
(Anon)

"Saya mencintaimu saat kau rukuk di masjidmu,
berlutut di kuilmu,
sembahyang di gerejamu.
Kau dan aku adalah putra dari satu agama,
dan itulah spiritnya"
Kahlil Gibran (1883 - 1931)

"Kita punya cukup banyak agama untuk membuat
kita saling benci, tapi tak cukup banyak agama yang
membuat kita saling mencintai" -
Jonathan Swift (1667 - 1745)

"Saya mencintai Kristusmu, saya tidak suka dengan Kristenmu. Kristenmu begitu berbeda dengan Kristusmu"
( Mohandas Gandhi (1869 - 1948))

"Mendengarkan orang yang sangat taat agama berbicara,
seorang dapat menyangka Tuhan itu tak pernah tersenyum"
Ghose Aurobindo (1872-1950)

"Aku tak pernah tahu bagaimana cara beribadah hingga aku tahu bagaimana cara mencinta"
(Henry Ward Beecher (1813 - 1887))

"Ini adalah agamaku yang sederhana. Tidak perlu kuil,
tidak perlu filosofi yang rumit. Otak kita, hati kita, adalah kuil kita. Filosofinya adalah kebaikan hati"
(Dalai Lama (1935 - .... ))

Eskimo: "Jika saya tak tahu apa-apa tentang Tuhan dan dosa,
Apakah saya akan masuk neraka?"
Pendeta: "Tidak, jika kamu memang tidak tahu."
Eskimo: "Lalu kenapa kamu memberi tahu saya?"
(Annie Dillard (1945- ....))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar