Senin, 07 November 2011

Meditasi 0 – Buku Sumber


Dari sebuah buku yang bejudul :
“Sebatang Pohon di tengah Hutan (Meditasi dalam segala obyek kehidupan)”
Y.A. Ajahn Chah (Guru Meditasi Kenamaan)
Judul Asli             : A Tree in A Forest
Penerjemah        : Bhadravajra Heng Tuan
Pustaka Karaniya, Oktober 1994
Ajahn Chah,  “Orang-orang sering bertanya-tanya tentang latihan saya. Bagaimana saya mempersiapkan pikiran saya untuk bermeditasi ?  Tidak ada sesuatu yang khusus, saya hanya mempertahankannya pada tempat yang selayaknya”.
Mereka bertanya, "kalau demikian, apakah anda seorang arahat?" Apakah saya mengetahui? Saya bagaikan sebatang pohon di tengah hutan, yang penuh dengan daun, bunga, dan buah. Burung-burung berterbangan datang dan bersarang, dan hewan-hewan berlindung di antara kerimbunannya.
Walaupun demikian, pohon itu sendiri tidak mengetahuinya. Pohon tersebut hanya mengikuti jalur alaminya. Pohon itu bertindak sebagai pohon, apa adanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar