Senin, 07 November 2011

Meditasi 4 – “DAGING”


Yang diinginkan menusia dewasa ini ialah uang. Mereka berpikir bahwa dengan memilikinya, segala sesuatu akan berjalan lancar. Oleh sebab itu, mereka menghabiskan waktu untuk mencari uang. Mereka tidak melakukan kebajikan. Ini sama saja dengan ingin daging, tetapi tidak ingin garam untuk mengawetkannya. Anda hanya akan membiarkan daging itu membusuk. Mereka yang menginginkan uang tidak cukup hanya tahu cara mencarinya, tetapi juga cara menjaganya. Jika anda ingin daging, anda tidak bisa hanya membelinya dan kemudian membiarkannya di rumah anda. Daging itu akan membusuk.
---------
          Kebajikan itu muncul dari suatu sebab. Apabila kita melakukan perbuatan baik, kebajikan muncul di dalam pikiran. Jika kita memahami penyebab itu, kita bisa menciptakan penyebab tersebut dan hasilnya akan menyusul.
Akan tetapi, orang-orang seringkali tidak menciptakan penyebab yang tepat. Mereka begitu menginginkan kebajikan, tetapi mereka belum mengusahakannya supaya muncul. Mereka berpikir dengan hanya membicarakannya saja itu sudah cukup tanpa berbuat apa-apa, Pola pemikiran ini salah, dan hasil dari pemikiran yang salah akan berupa hasil yang “rusak” --- hanya kekacauan dan kebingungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar