Jumat, 04 November 2011

BAB V Tesisku


BAB V
P E N U T U P
A.    Kesimpulan
Dengan memperhatikan hasil pada penelitian ini serta mengacu pada rumusan masalah maka kami dapat menarik kesimpulan :
1.     Bahwa Pembelajaran Microsoft Office khususnya Word, Excel dan Powerpoint dengan menggunakan metode modul 24 jam di BSF Computer bisa diterapkan dengan baik serta dapat mengantarkan seorang pemula (yang masih buta sama sekali dengan komputer) menjadi orang yang bisa mengoperasikan Ms. Office dengan baik.
2.     Penerapan Pembelajaran Microsoft Office khususnya Word, Excel dan Powerpoint dengan menggunakan metode modul 24 jam di BSF Computer modul 24 jam ini dapat tercapai dengan baik.

B.   Saran-saran
1.   Seorang Pemula
            Untuk Seorang Pemula hendaknya memulai belajar komputer (Microsoft Office khususnya Word, Excel dan Powerpoint) dengan menyenangkan yaitu dengan cara menggunakan suatu contoh berkas (File) dan ditunjukkan langsung cara membuatnya oleh seorang tutor / guru / siapapun yang sudah berpengalaman sehingga dapat ditunjukkan cara-cara yang mudah dan cepat.
            Selanjutnya dia harus berani mencoba membuat berkas-berkas lain yang serupa (identik), dengan menggunakan ikon-ikon yang telah difahami fungsinya. Hal ini bertujuan agar seorang pemula dapat mengembangkan imajinasinya.

  1. Guru Komputer
Seorang Guru Komputer baik Formal di Lembaga Sekolah maupun Non Formal di tempat-tempat kursus komputer di luar sekolah hendaknya selalu menambah wawasan dalam mempersingkat waktu  untuk mengantarkan seorang pemula di bidang komputer menjadi orang yang bisa mengoperasikan komputer dengan baik.
Mudah-mudahan dengan membaca Tesis ini dapat menambah referensi dan pengayaan dalam mendapatkan metode yang lebih cepat dan tepat untuk mengajarkan komputer kepada orang lain.

  1. Sekolah
Hendaknya sekolah juga menerapkan pembelajaran TIK dengan menggunakan metode seperti ini agar siswa tidak jenuh hanya diberikan teori-teori saja, sedangkan minim sekali dengan praktikum. Mudah-mudahan Tesis ini bisa menjadi masukan bagi Sekolah (Litbang Sekolah) tentang alternatif metode pembelajaran Komputer yang cepat dan tepat.


4.   Pemerintah pembuat kurikulum.
Mudah-mudahan Tesis ini serta Modul-modul yang kami tunjukkan pada lampiran ini dapat menjadi sumbangan metode untuk membuat kurikulm yang efektif dan efisien dengan menggunakan waktu yang singkat dan metode pengajaran yang tepat, sehingga komputer-komputer di sekolah bisa termanfaatkan dengan baik.
Siswa di sekolah lebih senang dalam belajar komputer dan pada akhirnya memiliki keterampilan menggunakan komputer yang baik sesuai dengan yang diharapkan oleh Pemerintah.
Perbanyak dan tingkatkan lagi bantuan-bantuan komputer ke sekolah-sekolah.

DAFTAR PUSTAKA


Aini, Nurul. 2003, Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Komputer terhadap Aktivitas Belajar Siswa di SLTPN I Sukorejo Pasuruan (Skripsi), IAIN Sunan Ampel, Surabaya.

Aitken, Peter. 2002, Belajar Sendiri Microsoft Word 2000 dalam 10 menit, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Arsyad, Azhar. 2002, Media Pembelajaran, P.T. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Derajad, Zakiah, Dkk. 1992, Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta.

Gabriella, 2009,  The Master (Rahasia Permainan Sulap dari Para Pesulap Terkenal Dunia), Pustaka Araska Media Utama, parasmu@yahoo.com

Islamiyah, Afifatul. 2008, Pengaruh Penerapan Permainan Tic Tac Toe Berbasis Komputer terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Duduk Sampeyan Gresik (Skripsi), IAIN Sunan Ampel, Surabaya.

Nasution, S. 1995, Azas-azas Kurikulum. Bumi Aksara, Jakarta.
_________, 2000, Dikdaktik Azas-azas Mengajar. Bumi Aksara, Jakarta.

Pardosi, Mico. 2000, Belajar Sendiri Excel 2000, Penerbit Indah, Surabaya.

Schwartz, David J. 1992, Berfikir dan Berjiwa Besar, Bina Rupa Aksara, Jakarta.

Slameto, 1995, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya ,Rineka Cipta, Jakarta.

Sukardi, Dewa Ketut. 1983. Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah, Usaha Nasional, Surabaya.

Tanuwidjaja, William. 2009, 101 Ide Cemerlang Tentang Uang, PT. Buku Kita, Jakarta.

Wahidin, 2009, http://alix.edu2000.org/index.php?option=com content&task=view&id=146&Itemid=1makalahkumakalahmu.wordpress.com/.../pemanfaatan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-sebagai-media-pembelajaran/(Cached - Similar)

Wahono, Romi Satria. 2003, Apa Itu Komputer, ilmucomputer.com

1 komentar: