Kamis, 27 Februari 2014

APLIKASI TEKNOLOGI DAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PAI



APLIKASI TEKNOLOGI DAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PAI

1.  Aplikasi Teknologi dalam Pembelajaran PAI
Hasil penelitian secara nyata membuktikan bahwa penggunaan alat bantu sangat membantu aktifitas proses belajar mengajar di kelas, terutama peningkatan prestasi belajar siswa.
Tuntutan masyarakat yang semakin besar terhadap pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat pendidikan tidak mungkin lagi dikelola oleh hanya dengan melalui pola tradisional, di samping cara ini tidak sesuai lagi dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Revolusi ilmu teknologi dan ilmu pengetahuan, perubahan masyarakat, pemahaman cara belajar anak, kemajuan media komunikasi, dan lain sebagainya memberi arti tersendiri bagi kegiatan pendidikan dan ini pulalah yang membuat kebijaksanaan untuk memanfaatkan media teknologi dan pendekatan teknologis dalam pengelolaan pendidikan sebagai bagian dari kebudayaan merupakan sarana penerus nilai-nilai, gagasan-gagasan, sehingga setiap orang mampu berperan serta dalam transformasi nilai demi kemajuan bangsa dan negara. Ini berarti bahwa pendidikan adalah wadah untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kepentingan hidup manusia.
Pemanfaatan teknologi pendidikan untuk kegiatan pendidikan, teknologi pendidikan serta media pendidikan perlu dalam rangka kegiatan belajar mengajar. Karena dengan pendekatan ilmiah, sistematis, dan rasional, sebagaimana dituntut oleh teknologi pendidikan ini pulalah, tujuan pendidikan yang efektif dan efisien.
Aplikasi teknologi pendidikan sangat relevan bagi pengelolaan pendidikan pada umumnya dan kegiatan belajar mengajar pada khususnya. Aplikasi yang dimaksud adalah yang tersebut di bawah ini :
  1. Teknologi pendidikan memungkinkan adanya perubahan kurikulum, baik strategi, pengembangan, maupun aplikasinya. Teknologi pendidikan mempunyai fungsi luas, tidak hanya pada kebutuhan kegiatan belajar mengajar di kelas, melainkan dapat berfungsi sebagai masukan bagi pembinaan dan pengembangan kurikulum yang dikaji secara ilmiah, logis, sistematis, dan rasional sesuai dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Teknologi pendidikan menghilangkan, kalaupun tidak secara keseluruhan, pola pengajaran tradisional. Ia berperan penuh dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, meskipun sebenarnya dia tidak dapat menggantikan posisi guru secara mutlak. Guru mempunyai kemampuan yang terbatas dan dengan teknologi pendidikan pulalah keterbatasan itu tertolong.
  3. Teknologi pendidikan membuat pengertian kegiatan belajar menjadi lebih luas, lebih dari hanya sekedar interaksi guru dengan murid di dalam ruang dan waktu yang sangat terbatas. Teknologi pendidikan dapat dianggap sebagai sumber belajar, dan biasanya memberikan rangsangan positif dalam proses pendidikan.
  4. Aplikasi teknologi pendidikan dapat membuat peran guru berkurang, meskipun teknologi pendidikan tidak dapat menggantikan peran guru secara penuh. Teknologi pendidikan adalah teknologi pendidikan, guru adalah guru. Meskipun demikian bagi guru dan murid, teknologi pendidikan memberikan sumbangan yang sangat positif.
Teknologi pendidikan dalam karya ini tidaklah mengandung pengertian mutlak menggunakan perangkat keras (hardware). Teknologi pendidikan mensyaratkan pengajaran sebagai problema pokok yang harus dikaji secara ilmiah, sistematis dan rasional, baik dalam perumusan tujuan, pemahaman terhadap masukan pendahuluan yang ada dalam diri anak, analisis bahan dan urutan dengan strategi tertentu, uji coba dan mengadakan perbaikan-perbaikan untuk pengembangan lebih lanjut.
2.        Aplikasi Media dalam Pembelajaran PAI
Media pendidikan merupakan seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau anak didik. Alat bantu ini disebut media pendidikan. Media pendidikan itu banyak dan bervariasi, sedangkan teknologi pendidikan itu menekankan kepada penekanan teknologis dalam pengelolaan pendidikan. Teknologi pendidikan mengintegrasikan aspek manusia, proses prosedur, dan peralatan.

3.  Beberapa Keuntungan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan
  1. Media teknologi pendidikan membuat pendidikan lebih produktif.
  2. Media pendidikan membuat kegiatan pengajaran lebih ilmiah.
  3. Media teknologi pendidikan dapat membuat pengajaran lebih powerful.
  4. Media pendidikan dapat membuat kegiatan belajar mengajar lebih langsung.
  5. Media teknologi pendidikan dapat membuat percepatan pendidikan lebih sebanding.
  6. Meningkatkan mutu pendidikan dengan jalan mempercepat pengetahuan (rate of learning).
  7. Memberikan penyajian pendidikan lebih luas.
Uraian di atas memberi gambaran-gambaran kepada kita bahwa teknologi pendidikan atau pemanfaatan teknologi untuk tujuan pendidikan mempunyai manfaat luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar