APLIKASI
TEKNOLOGI DAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PAI
1.
Aplikasi Teknologi dalam Pembelajaran PAI
Hasil penelitian secara nyata membuktikan bahwa
penggunaan alat bantu sangat membantu aktifitas proses belajar mengajar di
kelas, terutama peningkatan prestasi belajar siswa.
Tuntutan masyarakat yang semakin besar terhadap
pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat pendidikan
tidak mungkin lagi dikelola oleh hanya dengan melalui pola tradisional, di
samping cara ini tidak sesuai lagi dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat.
Revolusi ilmu teknologi dan ilmu pengetahuan, perubahan masyarakat, pemahaman
cara belajar anak, kemajuan media komunikasi, dan lain sebagainya memberi arti
tersendiri bagi kegiatan pendidikan dan ini pulalah yang membuat kebijaksanaan
untuk memanfaatkan media teknologi dan pendekatan teknologis dalam pengelolaan
pendidikan sebagai bagian dari kebudayaan merupakan sarana penerus nilai-nilai,
gagasan-gagasan, sehingga setiap orang mampu berperan serta dalam transformasi nilai
demi kemajuan bangsa dan negara. Ini berarti bahwa pendidikan adalah wadah
untuk mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kepentingan hidup
manusia.
Pemanfaatan teknologi pendidikan untuk kegiatan
pendidikan, teknologi pendidikan serta media pendidikan perlu dalam rangka
kegiatan belajar mengajar. Karena dengan pendekatan ilmiah, sistematis, dan
rasional, sebagaimana dituntut oleh teknologi pendidikan ini pulalah, tujuan
pendidikan yang efektif dan efisien.
Aplikasi teknologi pendidikan sangat relevan bagi
pengelolaan pendidikan pada umumnya dan kegiatan belajar mengajar pada
khususnya. Aplikasi yang dimaksud adalah yang tersebut di bawah ini :
- Teknologi pendidikan memungkinkan adanya perubahan kurikulum, baik strategi, pengembangan, maupun aplikasinya. Teknologi pendidikan mempunyai fungsi luas, tidak hanya pada kebutuhan kegiatan belajar mengajar di kelas, melainkan dapat berfungsi sebagai masukan bagi pembinaan dan pengembangan kurikulum yang dikaji secara ilmiah, logis, sistematis, dan rasional sesuai dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Teknologi pendidikan menghilangkan, kalaupun tidak secara keseluruhan, pola pengajaran tradisional. Ia berperan penuh dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, meskipun sebenarnya dia tidak dapat menggantikan posisi guru secara mutlak. Guru mempunyai kemampuan yang terbatas dan dengan teknologi pendidikan pulalah keterbatasan itu tertolong.
- Teknologi pendidikan membuat pengertian kegiatan belajar menjadi lebih luas, lebih dari hanya sekedar interaksi guru dengan murid di dalam ruang dan waktu yang sangat terbatas. Teknologi pendidikan dapat dianggap sebagai sumber belajar, dan biasanya memberikan rangsangan positif dalam proses pendidikan.
- Aplikasi teknologi pendidikan dapat membuat peran guru berkurang, meskipun teknologi pendidikan tidak dapat menggantikan peran guru secara penuh. Teknologi pendidikan adalah teknologi pendidikan, guru adalah guru. Meskipun demikian bagi guru dan murid, teknologi pendidikan memberikan sumbangan yang sangat positif.
Teknologi pendidikan dalam karya ini tidaklah mengandung
pengertian mutlak menggunakan perangkat keras (hardware). Teknologi pendidikan
mensyaratkan pengajaran sebagai problema pokok yang harus dikaji secara ilmiah,
sistematis dan rasional, baik dalam perumusan tujuan, pemahaman terhadap
masukan pendahuluan yang ada dalam diri anak, analisis bahan dan urutan dengan
strategi tertentu, uji coba dan mengadakan perbaikan-perbaikan untuk
pengembangan lebih lanjut.
2.
Aplikasi Media dalam Pembelajaran PAI
Media pendidikan merupakan seperangkat alat bantu atau
pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi
dengan siswa atau anak didik. Alat bantu ini disebut media pendidikan. Media
pendidikan itu banyak dan bervariasi, sedangkan teknologi pendidikan itu
menekankan kepada penekanan teknologis dalam pengelolaan pendidikan. Teknologi
pendidikan mengintegrasikan aspek manusia, proses prosedur, dan peralatan.
3. Beberapa Keuntungan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan
- Media teknologi pendidikan membuat pendidikan lebih produktif.
- Media pendidikan membuat kegiatan pengajaran lebih ilmiah.
- Media teknologi pendidikan dapat membuat pengajaran lebih powerful.
- Media pendidikan dapat membuat kegiatan belajar mengajar lebih langsung.
- Media teknologi pendidikan dapat membuat percepatan pendidikan lebih sebanding.
- Meningkatkan mutu pendidikan dengan jalan mempercepat pengetahuan (rate of learning).
- Memberikan penyajian pendidikan lebih luas.
Uraian di atas memberi gambaran-gambaran kepada kita
bahwa teknologi pendidikan atau pemanfaatan teknologi untuk tujuan pendidikan
mempunyai manfaat luas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar